Wednesday, January 20, 2010

Cinema Italiano! (resensi film Nine)

Hari sabtu yang lalu gue nonton Film di bioskop. Midnight! Setelah sekian tahun, akhirnya gue nonton film tengah malam. Sebetulnya gak ada rencana untuk nonton tengah malam. Sore harinya seorang teman mengirim sebuah pesan singkat yang menanyakan apakah gue mau nonton film Nine bersama atau tidak. Dengan riang gembira tentu saja gue jawab “iya”

Nine sebuah film yang sudah agak lama gue tunggu, tentunya gue gak melewatkan kesempatan untuk nonton walaupun tengah malam. Toh besoknya minggu. Gak pernah yakin kapan akan muncul di Indonesia, sampe gue lupa kalo ada film itu. Sedangkan trailernya udah gue liat sejak pertengahan tahun 2009.

Tiket sudah ditangan. Temen gue yang baik hati itu, udah beliin tiketnya dari jam 5 sore di Plaza Indonesia. Sempet ragu kalo dia salah film. Soalnya gue liat di website www.21cineplex.com itu adanya film 9, yang merupakan film animasi itu dan seharusnya sudah tidak beredar lagi. Tapi itu semua ditepis karena poster film Nine berjejer di sepanjang koridor sewaktu gue berjalan ke arah toilet.

Nine! Sebuah film musical besutan tangan dingin Rob Marshall, yang berhasil membawa pulang piala Oscar 2003 dalam kategori Film Terbaik, untuk film Chicago. Film ini terdaftar dalam DAFTAR FILM HARUS DITONTON gue, dengan hanya menonton trailernya saja. Belum lagi daftar pemainnya yang diperankan oleh aktor-aktor terkenal. Mulai dari Daniel Day-lewis, Nicole Kidman, Penelope Cruz, Judy Dench, Kate Hudson dan Sophia Loren.

Begitu duduk dibangku penonton, rasa tidak sabar dan gairah berlebihan bergumul jadi satu. Untuk pertama kali dalam waktu yang lama gue merasakan perasaan seperti ini lagi.

Film dimulai dengan menampilan Day-lewis berbicara dalam bahasa inggris dengan aksen Itali yang kental. It blew me away in an instant!

Lalu dilanjutkan dengan ‘perkenalan’ para pemain utamanya yang divisualkan secara berbeda dari film-film hollywood kebanyakan.

Sori gue tidak akan membocorkan segala isi dari film tersebut, karena menurut gue film ini patut ditonton sendiri. Dan gue juga tidak pengen kejadian sebaliknya yaitu membaca bocoran film yang pengen gue tonton.

Gue akan lompat dengan kesimpulan-kesimpulan dan penilaian gue tentang film indah ini.

Gue mulai dari kostum. WOW! Kostumnya keren-keren dan ditampilkan secara menarik. Setiap kostum lebih mengedepankan kesan super seksi dari setiap peran perempuan yang ada.

Cinematography-nya luar biasa! Alam Itali digambarkan dengan mengagumkan. Bikin gue pengen langsung pergi ke Itali. Visual pada setiap penampilan aktor-aktor yang bernyanyi pun membuat gue gak berkedip sekalipun. Dan jujur, gue tepuk tangan setelah penampilan Fergie [Saraghina] dan Kate Hudson [Stephanie] selesai. 2 adegan itu merupakan adegan favorit gue. Ditambah permainan warna film yang berubah-ubah. Kadang hitam-putih, hitam-putih dengan aksen biru, hingga berwarna. Dan kesan yang ‘Itali Banget’ didapatkan dari warna film yang hitam-putih.

Sebagian dari musiknya mengingatkan gue dengan film Chicago, tapi gue gak terganggu dengan hal itu. Yang justru agak ganggu adalah hampir di setiap lagunya selalu menyebutkan Guido [nama peran Daniel Day-lewis]. Menurut gue agak terlalu diekspos. Memang sih inti dari film ini mengisahkan tentang Guido Contini yang mengalami krisis paruh baya. Tapi kayaknya gak perlu juga hampir disetiap lagu ada namanya. Semua aktornya paiwai dalam membawakan lagu-lagu yang ada. Dan Kate Hudson membuat gue tercengang dengan suara dan tingkah lincah gerakan tariannya sewaktu dia memainkan perannya, Stephanie. Dan adegan inilah yang menggeser adegan spektakuler Fergie. Tadinya adegan Fergie adalah favorit gue, tapi begitu Kate Hudson muncul...Fergie harus turun di urutan bawahnya.

Dari sudut pandang peran, tidak ada yang gue sangsikan. Penelope Cruz bermain bagus, dalam menggambarkan peran yang seksi dan centil. Jujur gue belum pernah menonton akting si ibu yang satu ini. dan gue kasih 2 jempol untuk dia. Dan gue harus skip bagian Daniel Day-lewis karena gak ada yang perlu gue bahas kecuali pujian KEREN buat dia! Sophia Loren memang luar biasa, dengan kehadirannya aja bikin gue kagum luar biasa! Memang aktris kawakan yang handal! Judy Dench salah seorang aktris yang sudah gue kagumin dari lama, dan gue sudah banyak menyaksikan bagusnya akting di setiap peran-peran yang beliau perankan. Nicole Kidman: Ok! Gak banyak yang bisa gue kasih nilai tentang dia. Fergie berperan bagus dan koreografinya keren gila! Kate Hudson bikin gue terbelalak dengan suara dan kepandaiannya bernyanyi serta menari. Gue suka Marion Cotillard! Gue sih baru kali ini taw adanya aktris ini, tapi langsung terbukti dia bisa berperan dengan baik lewat perannya sebagai istri dari Guido Contini.

Selebihnya, gue sangat-sangat memuja film yang bikin gue kembali bersemangat dalam hidup. Bikin gue pulang dengan perasaan meluap-luap yang udah lama banget gue gak merasakan perasaan itu. Sudah terlalu lama sebuah film bikin gue riang gembira setelah menontonnya, bahkan 3 hari sesudahnya.

Itu sebagian yang bisa gue ceritakan tentang Nine. Dan.......gue sarankan para pencinta film, khususnya penggemar musikal seperti Moulin Rouge, Chicago dan sebangsanya, untuk menonton film keren ini.

gue kasih 5 bintang dari 5 kolom bintang yang ada. wheter you'd like it or not, this film is FANTASTICO! BELLISIMO! enough said :D

3 comments:

scipio said...

mammamia lezzatozz *eh salah ya heheh*

ahh....makin cinta sama italy *menerawang*

ciero said...

i love it :)

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)